Sistem Operasi Windows XP

Pasti kalian tidak asing lagi dengan Windows, yap.. itu adalah suatu sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan terbesar Microsoft Corporation yang bergerak dibidang komputer, internet, bahakn merambak kedunia Gadget. Tapi untuk saat ini saya mau sedikit menjelaskan apa itu Windows XP ? dan bagaimana sistem kerja Windows XP ? berikut saya jelaskan... 

Windows XP atau Windows 5.1 buid 2600 adalah sebuah versi sistem operasional Windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Sebelumnya, Microsoft Corporation telah meluncurkan Windows versi 5.0 atau yang lebih dikenal dengan Windows 2000, baik itu edisi server maupun edisi profesional untuk dekstop di perkantoran. Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata Experience, yang artinya Windows XP diharapkan dapat membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi. Microsoft Windows XP merupakan sistem operasi berbasis grafis (gambar) dengan berbagai fasilitas dan kemudahan ada di dalamnya, baik fasilitas penyempurnaan maupun fasilitas terbaru yang tidak ada dalam versi sebelumnya. Dengan Windows XP pengguna akan dimudahkan dalam pengoperasian komputer, lebih menyenangkan, lebih cepat, kompatibel dengan berbagai perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Hal ini yang menyebabkan semakin banyak pengguna Windows XP ini dalam masyarakat. 

Banyak perubahan terjadi dari sisi kinerja dari Windows XP, misalnya : 
  • Penambahan kecepatan pada saat-saat tertentu, seperti saat booting Switch user, yang dapat melakukan pergantian user tanpa harus menutup aplikasi yang sedang aktif (pada Windows generasi sebelumnya, harus menggunakan logoff). 
  • Luna, yaitu gaya baru dari Windows XP yang gayanya berbeda total jika dibandingan dengan dekstop yang dimiliki oleh generasi Windows 9x/Me dan Windows 2000. Dekstop Luna tampak lebih atraktif dibandingkan dengan desain dekstop yang terdapat pada generisi sebelumnya, bahkan Windows XP memberikan tooltips yang dapat membantu dalam penggunaan Windows XP itu sendiri. 

Banyak fitur-fitur Windows XP yang ditambahkan dibandingan dengan Windows sebelumnya, yaitu

  1. Antarmuka dan tampilan yang sangat baik.
  2.  Adanya penambahan sistem, yaitu Remote Assitance.
  3. Adanya dukungan Windows Media Player 8.0 dan Windows Movie Maker. 
  4. Telah menggunakan Internet Explorer 6. 
  5. Untuk pertama kali dalam sistemnya, Windows menggunakan Firewall untuk keamanan data dalam berinternet. Adanya dukungan FUS (Fast User Switching). 
  6. Mendukung multiprocessor. 
  7. Memiliki dukungan untuk menggunakan file dan folder offline.
  8.  Memiliki dukungan untuk menggunakan grup dan profil bagi pengguna roaming. 
  9. Adanya enkripsi file. Peningkatan waktu boot termasuk pengecekan memori, menelusur perangkat keras baru dan pengetesan POST BIOS. 
Spesifikasi minimum yang dapat dijadikan sebagai acuan apabila anda ingin menggunakan menggunakan Windows XP adalah komputer dengan prosesor Pentium II 300 MHz, memori 128 MB, dan hard disk berkapasitas 2 GB. Dan masih banyak lagi penambahan fitu-fitur baru di Windows XP. Apa bila ingin menambahkan silahkan berkomentar di blog ini, semoga postingan saya kali ini tentang Windows XP dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Sampai berjumpa kembali dengan postingan-postingan saya yang lain... 
Salam muhzain.


Baca Postingan Yang berhubungan : 

Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *