Pengertian dan Tujuan Rekam Medis

Sebelum membahas pengertian dan tujuan rekam medis, ada baiknya saya jelaskan arti dari rekam medis itu sendiri. Rekam medis dapat diartikan sebagai keterangan baik tertulis maupun terekam tentang identitas, anamnese, penentuan fisik laboratorium, diagnosis segala pelayanan dan tindakan medis yang diberikan kepada pasien dan pengobatan, baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun yang mendapatkan pelayanan gawat darurat.
Kalau diartikan secara dangkal, rekam medis seakan-akan hanya catatan dan dokumen tentang keadaan pasien. Namun kalau dikaji lebih dalam, rekam medis mempunyai makna yang lebih luas daripada catatan biasa, karena di dalam catatan tersebut tercermin segala informasi menyangkut seorang pasien yang akan dijadikan dasar di dalam menentukan tindakan lebih lanjut dalam upaya pelayanan maupun tindakan medis lain yang diberikan seorang pasien yang datang ke rumah sakit.

Pengertian Rekam Medis

Rekam medis mempunyai pengertian sangat luas, tidak hanya sekedar kegiatan pencatatan, akan tetapi mempunyai pengertian sebagai satu sistem penyelenggaraan rekam medis. Penyelenggaraan rekam medis merupakan proses kegiatan yang dimulai pada saat diterima pasien di rumah sakit, diteruskan kegiatan pencatatan data medis pasien selama mendapatkan pelayanan medik di rumah sakit, kemudian dilanjutkan dengan penanganan berkas rekam medis, yang meliputi penyelenggaraan penyimpanan serta pengeluaran berkas dari tempat penyimpanan untuk melayani permintaan/peminjaman berkas pasien atau untuk keperluan lainnya. Definisi rekam medis mengalami perkembangan secara terus-menerus dalam kurun waktu yang cukup panjang sehingga bergulir menjadi konsep paradigma baru dalam bidang rekam medis.

Tujuan Rekam Medis

Rekam medis bertujuan untuk menunjang tercapainya tertib administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tanpa didukung suatu sistem pengelolaan rekam medis yang baik dan benar, mustahil tertib administrasi rumah sakit berhasil sebagaimana yang diharapkan. Sedangkan tertib administrasi merupakan salah satu faktor yang menentukan di dalam upaya pelayanan kesehatan di rumah sakit. Apabila sistem pengelolaan rekam medis baik, maka tertib administrasinya juga baik.

Posting Yang Berkaitan

Share: