Dosa Para Blogger

Selamat berjumpa kembali dengan saya, semoga anda pembaca blog saya selalu diberi kesehatan. Posting saya kali ini adalah tentang Dosa Para Blogger ( sebutan orang yang suka bikin posting di blog). Mungkin dari sekian puluhan bahkan ratusan blog, entah itu yang menggunakan domain gratisan (blogspot, wordpress, dll) atau domain yang berbayar (com, co.id, dll) pasti yang punya tujuan utama membuat blog untuk kebaikan seperti tempat sharing, berbagi pengetahuan, berbagi ilmu, atau trik tips yang berguna, pasti jumlahnya lebih sedikit dibandingkan blog yang dibuat dengan tujuan bisnis atau komersil. Tapi itu sih gak ada salahnya, asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan tidak merugikan pihak yang lain.

Tetapi ternyata blog yang diguakan untuk tujuan baik lebih sedikit dari pada blog yang digunakan untuk tujuan oknum tertentu, penelusuran saya pribadi dalam berselancar di dunia internet banyak sekali blog yang digunakan tempat melakukan bisnis penipuan alias blog tipu-tipu. Berikut contoh blogger yang saya anggap berdosa  : 

Blog yang dibuat untuk Mengelabuhi Calon Korban

Anda pasti pernah dapat sms “selamat ada terpilih sebagai pemenang mobil dalam undian (sebuah bank/merk makanan/merk minuman/dll) pin anda 12345, silahkan kunjungi http ://www.....blogspot.co.id. dan setelah kita buka ternyata benar pin tersebut sesuai dengan pin yang ada di sms tadi. Dan kita sedikit terberdaya dan tergiyur setelah membaca blog tipu-tipu tersebut dan menghubungi nomer atau mentransfer uang yang tertera dalam blog tersebut untuk mendapatkan hadiah undian tersebut. 

Blog yang digunakan Bisnis PPC (Pay Per Click)

Sebelumnya sedikit saya jelaskan tentang apa itu PPC (Pay Per Click), PPC adalah kerjasama antara pemilik iklan (advertising) dan penerbit iklan (publisher). Dari setiap iklan yang diklick si pemilik blog mendapatkan imbalan (besarnya bervariasi). Tapi sebenarnya itu sih sah-sah saja karena Publisher si punya blog menyewakan jasa atau tempat untuk si pengiklan (advertising) untuk mengiklankan poduknya. Tapi dalam kenyataanya banyak yang punya blog menggunakan cara curang untuk mendapatkan komisi dari hasil iklan yang di klik, kadang ada yang menggunakan software khusus, bahkan ada yang berbuat curang dengan mengklik iklan yang ada di blognya sendiri dengan menggunakan komputer orang lain atau warnet. 

Blog yang digunakan Bisnis Jasa Abal-abal

Banyak blog yang digunakan untuk menawarkan jasa, mulai dari pembuatan web, jasa penjualan, jasa MLM, penjualan dan lain-lain, dengan profit atau keuntunga yang menggiyurkan. Tapi tidak semua blog tersebut scam atau penipu, ya tinggal kitanya bisa memilih dan membedakan mana yang benar-benar asli atau yang hoak (palsu). 

Bagi saya pribadi tujuan kita membuat blog, entah itu mau dibuat komersil atau cuma karena suka menulis untuk sekedar berbagi pengetahuan atau pengalaman itu terserah. Yang penting jangan saling merugikan pihak lain, ingat sekarang di negara kita sudah ada Undang-Undang ITE ( Informasi Transaksi Elektronik) kalau melanggar nanti bisa dihukum penjara. Jadi kalau ingi jadi blogger jadilah blogger yang sejati, dan jangan suka tipu-tipu, dan bila ingin jadi blogger komersil jadikan blog anda sekreatif mungkin, dan apabila ingin jadi blogger publisher jadilah penyedia iklan yang baik, jangan suka mengklik iklan ada sendiri. 

Semoga postingan saka kali ini bisa sedikit memberikan pencerahan bagi para blogger yang sudah melenceng dari dunia pebloggeran, he..he..he.. samapi jumpa di lain waktu. Salam muhzain


Baca Postingan Yang berhubungan : 

Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *