Sejarah, Asal Mula dan Penemu Komputer

Sebelum menjelaskan tentang sejarah komputer dari mana komputer berasal dan siapa penemu komputer pertama kali, kalian pasti tidak asing lagi dengan komputer, sudah tahu apa itu komputer dan pasti pernah menggunakan komputer. Yap ,istilah komputer berasal dari kata dalam bahasa latin computare atau kata dalam bahasa Inggris compute yang artinya menghitung. Komputer sebagai mesin komputasi, diyakini berawal dari sebuah alat hitung yang sangat sederhana, yaitu abakus (atau yang di Indonesia disebut Sempoa), yang sudah digunakan manusia sejak sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan hingga saat ini masih digunakan di beberapa tempat sebagai alat untuk menghitung transaksi perdagangan.

Pada tahun 1642, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Blaise Pascal yang waktu itu berusian 18 tahun, menemukan alat yang ia sebut sebagai kakulator roda numerik (numerical wheel calculator) atau yang lebih dikenal dengan Pascaline, yang digunakan untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Dan tahun 1694, Gottfred Wilhem von Leobniz seorang matematikawan dan filsuf Jerman memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian. Dilanjutkan pada thun 1820, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin (diberi nama Arithometer) yang dapat melakukan empat fungsi aretmatika dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dengan kemampuannya Arithometer banyak yang menggunakan hingga masa Perang Dunia I.

Komputer pertama ditemukan oleh seorang profesor matematika dari Inggris, Charles Babbage (1791-1871), yang dikemudian dikenal sebagai Father of Computer karena dianggap sebagai tokoh penemu komputer. Asissten Babage, Augusta Ada King memiliki peranan penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu memperbaiki rencana, mencari dana dari pemerintahan Inggris, dan mengomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Agusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin. Dan komputer terus mengalami evolusi dari tiap generasi ke genarasi. Akhirnya komputer sampai seperti sekarang ini seperti yang kita gunakan merupakan evolusi komputer generasi keempat yang menggunakan Grand-Scale Intergratd Circuit/ GSI yang dapat memuat satu miliar transistor dalam sebuah chip. Komputer generasi kelima merupakan komputer masa depan, yang mampu mengoordinasikan banyak CPU dan dapat memproses beberapa perintah secara serentak.

Sekian posting saya tentang Sejarah, Asal mula dan Penemu komputer, semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua. Apabila ada pertanyaan atau ingin sharing silahkan bercoment di blog ini. Sampai jumpa dengan postingan saya selanjutnya dan semoga selalu setia dengan blog saya. Salam muhzain...* Bay..bay


Baca Postingan Yang berhubungan : 

Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *