Pengertian Cryptocurrency dan Macam-macamnya

Mendengar  Cryptocurrency, pasti yang terlintas pertama kali dibenak kalian adalah bitcoin. Ya tidak bisa dipungkiri untuk tahun 2017 ini bitcoin menjadi salah satu Cryptocurrency yang banyak dicari, di karenakan harganya yang terus melambung tinggi. 

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya banyak macam-macam/ jenis-jenis Cryptocurrency, tidak hanya puluhan, bahkan ratusan coin. Tetapi sebelumnya saja  jelaskan sedikit tentang apa itu Cryptocurrency ?

Berikut pengertian singkat tentang Cryptocurrency yang saya petik dari https://en.wikipedia.org/wiki/Cryptocurrency

Cryptocurrency (atau mata uang kripto) adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi dan untuk mengontrol penciptaan unit tambahan dari mata uang.  

Cryptocurrencies adalah bagian dari mata uang alternatif, atau secara khusus dari mata uang digital. Dan Bitcoin menjadi cryptocurrency desentralisasi pertama pada tahun 2009. Sejak itu, banyak cryptocurrencies telah diciptakan. Ini sering disebut altcoins, sebagai campuran alternatif bitcoin.

Di negara asing, Cryptocurrency sudah di jadikan mata uang atau sudah dilegalkan, dan untuk di Indonesia sendiri, Cryptocurrency belum di akui sebagai mata uang, akan tetapi hanya sebatas sebagai alat pembayaran.



Untuk tahun 2017 sendiri, sudah ada sekitar 710 Cryptocurrency, yang di perdagangkan di market (pasar onlaine). 

Berikut 20 daftar  Cryptocurrency teratas/ terpopuler : 
  1. Bitcoin
  2. Ethereum
  3. Dash
  4. Ripple
  5. Monero
  6. Litecoin
  7. Ethereum Classic
  8. NEM
  9. Zcash
  10. Factom
  11. Steem
  12. Waves
  13. Dogecoin
  14. GameCredits
  15. Lisk
  16. Stellar Lumens
  17. ShadowCash
  18. Stratis
  19. Peercoin
  20. Bytecoin
Untuk daftar lengkapnya, anda dapat mengunjungi situs berikut https://coinmarketcap.com 

Semoga postingan ini bisa lebih menambah pengetahuan anda tentang jenis-jenis Cryptocurrency (coin crypto), dan sampai jumpa di postingan saya berikutnya.

Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *