Jenis Komputer Berdasarkan Sinyal Masukan, Ukuran, Karakteristiknya

Hallo kawan blogger berjumpa kembali dengan saya, kali ini saya ingin memposting tentang jenis-jenis komputer dan ingin sedikit berbagi tentang jenis komputer berdasarkan penggunanya, sinyal masukannya dan jenis-jenis komputer menurut ukurannya. Tapi kalian pasti sering keliru dalam mengelompokkan jenis-jenis komputer. Sebenarnya komputer dapat dikelompokkan berdasarkan kreteria tertentu. Misalnya, masyarakat sering sekali menyebut dekstop sama dengan komputer personal atau PC (Personal Computer). Padahal, ini adalah dua istilah yang berbeda. Ok langsung saja saya jelaskan sedikit tentang pengelompokan- pengelompokan jenis komputer.

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Penggunanya 

Jika dilihat berdasarkan penggunanya, maka komputer dapat dibagi menjadi : 
  • Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer) 
  • Komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer) 
  • General purpose computer merupakan komputer yang dikembangkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan umum. Contohya antara lain adalah komputer personal (PC) atau notebook. Sedangkan special purpose computer merupakan komputer yang dikembangkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan khusus. Contohnya komputer yang dirancang khusus untuk bermain game.

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Sinyal Masukannya

Pengelompokan komputer berdasarkan sinyal masukannya dilihat dari ukuran sifat data yang menjadi masukan bagi komputer, oleh karena itu pengelompokan ini sering disebut juga pengelompokan komputer berdasarkan data yang diolahnya, yaitu :
  • Komputer analog adalah komputer yang menerima sinyal masukan berupa data analog. Komputer yang mengolah data berdasarkan input dari keadaan di lingkungan komputer yang nyata dan mengukur kuantitas elektronik atau fisik secara berkesinambungan. Contoh komputer analog adalah komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU. 
  • Komputer digital adalah komputer yang menerima sinyal masukan berupa data digital. Komputer digital mengolah data berdasarkan input –input dari pulsa elektronik yang bersifat abstrak dan bekerja dengan cara perhitungan matematis. 
  • Komputer hibrida adalah komputer yang merupakan gabungan komputer analog dan digital. Komputer hibrida menerima sinyal masukan berupa data analog dan digital dan mampu mengolah kedua jenis data tersebut sekaligus.

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Ukurannya

Pengelompokan komputer berdasarkan ukurannya dilihat dari seberapa besar sumber daya komputasinya. Jenis-jenis komputer berdasarkan ukuran sumber daya komputasinya mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar daya pemrosesannya adalah sebagai berikut : 
  • Komputer mikro (microcomputer) : merupakan komputer yang paling banyak dipakai karena memiliki keguanan umum 
  • Terminal kerja (workstation) : merupakan komputer yang berdaya tinggi yang menjalankan aplikasi yang cukup rumit. 
  • Komputer mini (minicomputer) ; komputer yang digunakan untuk menghubungkan para pekerja dengan sekumpulan informasi dalam jumlah yang besar. 
  • Komputer mainframe : adalah sebuah sistem komputer yang mengumpulkan berbagai peralatan dengan berbagai fungsi yang disatukan dalam sebuah sistem yang saling berbagi dan dapat digunakan secara bersamaan. 
  • Komputer super (supercomputer) : komputer yang memiliki kemampua lebih tinggi dari komputer-komputer lain pada masanya. Komputer super di didesain secara khusus, pada umumnya dikembangkan untuk aplikasi di bidang militer.

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Karakteristiknya 

Pengelompokan komputer berdasarkan karakteristiknya dilihat dari sifat khas komputer tersebut yang berkaitan erat dengan fungsinya. Jenis-jenis komputer berdasarkan karakteristiknya adalah : 
  • Prosesor Tunggal (Single Processor) 
  • Prosesor Ganda (Multiprocessor) 
  • Komputer Personal (Personal Computer/ PC) 
  • Sistem Terdistribusi (Distributed System) 
  • Sistem Kelompok (Clustered System) 

Sekian posting saya tentang jenis-jenis komputer, semoga dapat menambah pengetahuan kalian semua. Apabila ada pertanyaan atau ingin sharing silahkan bercoment di blog ini. Sampai jumpa dengan postingan saya selanjutnya dan semoga selalu setia dengan blog saya. Salam muhzain...*


Baca Postingan Yang berhubungan : 

Share:

Contact Form

Name

Email *

Message *