Windows Vista

Hallo apakabar para pembaca setia muhzain blog, semoga kalian selalu diberi kesehatan. Untuk posting saya selanjutnya kali ini adalah tentang Windows Vista. Langsung saja saya jabarkan tentang apa Windows Vista tersebut. Langsung saja...!!

Windows Vista dirilis oleh Microsoft pada akhir tahun 2007. Menggantikan versi Windows Vista versi beta 2 build 5231 (yang bisa dicoba secara geratis oleh para MSDN Subscriber), dan Vista build 5259. Saat ini Vista telah tersedia di sekitar 70 Negara dengan 18 bahasa berbeda dan telah dipakai oleh lebih dari 20 juta komputer. Penetrasi ini lebih cepat ketimbang ketika Microsoft meluncurkan Windows XP, pada tahun 2001 lalu. 

Sebagai sistem operasi yang canggih, maka tentu akan membutuhkan spesifikasi komputer yang memadahi. Begitu pula dengan Windows Vista yang sekurang-kurangnya membutuhkan komputer dengan prosesor 2 GHz dan memori 512 MB dengan spesifikasi minimum, agar sistem operasi ini dapat berjalan dengan lancar dan semua fitur dapat dinikmati secara keseluruhan. 

Berikut penambahan fitur dari Windows Vista yang merupakan pengembangan dari Windows XP, yaitu :
  • AERO (Authentic, Energetic, Reflective, and Open) adalah sebuah desain antarmuka pengguna (user interface) dan mesin grafis terbaru yang digunakan pada Windows Vista. AERO dapat membuat Windows Vista hadir dengan penampilan windows yang transparan (looking glass), animasi dinamis pada ikon, juga fitur eye candy yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Mac OS X. 
  • DirectX Windows Vista juga menggunakan DirectX 10, sebuah versi baru Direct 3D dengan beberapa fitur lama yang dihilangkan seperti, DirectPlay dan DirectMusic. Tambahan terbesar pada DirectX 10 adalah dukungan untuk geometry shader. Melalui shader ini para developer bisa memanipulasi gambar primitif dan akan membantu mengurangi bottleneck pada bandwidth memory, terutama saat melakukan rendering gambar yang berbentuk seperti rambut atau bayangan. 
  • Windows Vista memiliki beberapa fitur spesifik untuk desain grafis dan animasi, juga untuk pengaturan dokumen bisnis. Microsoft memang menawarkan tampilan profisional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis dan animasi yang halus dengan fitur-fitur navigasi 3D dekstop Windows Flip and Flip. 
  • Selain itu Windows Vista menyandang browser internet explorer 7 (IE7) yang memiliki berbagai fungsi dan fitur menarik. Ada tabbed browsing (kemampuan menampilkan banyak halaman web dalam satu jendela browser), web feeds, dan fasilitas keamanan yang sangat mumpuni. IE7 juga menampilkan tools dan page yang berada di kelompok ikon. Satu hal yang sangat menarik dari IE 7 ini adalah sudah disediakannya fasilitas favorites center dan pilihan new tab untuk ganti jendela. 
  • Tak hanya itu Windows Vista juga menyediakan windows mail, fasilitas pengganti outlook express yang ada di windows versi sebelumnya. Windows mail mempunyai kelebihan dibandingkan dengan outlook express yang akan membuat pengguna merasa lebih nyaman dan mudah dalam mengakses e-mail. 

Namun demikian, beberapa fitur tersebut di atas membuat kerja komputer menurun. Fitur yang mempercantik tampilan Vista ternyata menjadi beban bagi kerja kartu grafis. Fitur yang diperuntuhkan untuk perkantoran yang tidak dipakai oleh pengguna rumahan akan membebani memori. Jadi apabila ingin kerja komputer libih cepat saya beri saran agar RAM diperbesar atau cara lain yaitu dengan mematikan fitur-fitur yang kurang terpakai. 

Semoga postingan sedikit saya tentang Windows Vista dan fitur-fiturnya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Berikan komentar apabila ada yang ingin menambahkan tentang Windows Vista, atau saran-saran. Sampai jumpa kembali di postingan-postingan saya yang lain. 
Salam muhzain....*

Baca Postingan Yang berhubungan : 

Share: